one day

one day

Jumat, 24 Mei 2013

Penyebab Datang Bulan Sering Terlambat



Menstruasi adalah proses bulanan tumpahan lapisan bagian dalam dan darah uterus melalui liang kelamin wanita atau vagina. Keluarnya cairan yang mengandung darah ini terjadi pada wanita yang sudah memasuki usia subur dan yang sedang tidak hamil. Peristiwa ini dimulai dengan adanya pengeluaran selaput lendir rahim di bagian dalam rahim atau endometrium.
Di bawah pengaruh hormon estrogen, endometrium pun jadi tumbuh menebal, menantikan datangnya sel telur. Ibaratnya lapisan tebal endometrium ini seperti karpet atau tanah subur yang siap menanti datangnya sel telur atau okulasi. Pada puncak pertengahan siklus haid yang optimal, terjadilah pelepasan sel telur. Nah, saat itulah bila ada sel sperma masuk, sel telur dan sperma ini bersatu menjadi zygote (bakal janin) dan menempel pada endometris yang sudah mencapai ketebalan maksimal tadi.
Proses seperti ini akan berulang setiap bulan, sepanjang tidak terjadi pembuahan yang menghasilkan zygote. Pada waktunya, tumbuh lagi selaput yang baru. Dengan kata lain, karpet tadi digelar lagi, lalu tanggal lagi, begitu seterusnya.
PENGARUH DIET DAN OLAHRAGA
Jadi, menstruasi sebetulnya sesuatu yang normal, sehingga semua wanita mengalaminya. Pada setiap wanita, siklus haid ini pun bervariasi. Rata-rata berjarak 28 hari, namun bisa juga sampai 42 hari. Jika sampai terjadi keterlambatan pun, semisal sampai 3-4 bulan, juga tak perlu terlalu dikhawatirkan. Tapi disarankan sebaiknya periksa ke dokter spesialis. Apalagi kalau telat sampai 5-6 bulan.
Sering orang salah mengerti, kalau sampai 3 atau 4 bulan tidak haid, mereka menyangka darahnya bisa mengumpul di dalam, menggenang, dan lama-lama bisa berbahaya. Padahal jika tidak haid, berarti tidak ada pendarahan di dalam tubuh. Tidak mens berarti tidak ada endometrium yang lepas. Jadi bukan berarti ada darah yang mengumpul. Darah baru keluar jika selaput lendirnya lepas. Jika tidak lepas, ya tidak berdarah. Jadi jangan khawatir.
Lantas apa saja yang menyebabkan mens telat? Penyebabnya bisa bermacam-macam. Bagi yang masih belum menikah, penyebabnya bisa karena terlalu lelah. Contohnya, belajar terlalu keras bagi yang masih sekolah atau kuliah, atau berolahraga kelewat berat. Sebaliknya bisa juga terjadi pada mereka yang biasa berolahraga dan menghentikan kebiasaannya secara tiba-tiba. Pola makan pun bisa mempengaruhi siklus haid. Misalnya, mereka yang biasa makan banyak dan mendadak diet. Ini akan membuat tubuh stres. Atau bisa jadi badan kurus jadi gemuk. Pokoknya, tiap ada perubahan berat badan mencolok.
Jenis-jenis obat tertentu juga bisa mengusik pola haid, terutama obat-obatan yang mengandung hormon. Contohnya,obat untuk mengatasi gatal-gatal atau obat sakit telinga. Begitu pula obat-obatan KB atau suntik KB. Baru setelah berhenti minum obat, haid akan kembali lancar. Keterlambatan haid lebih sering dialami mereka yang masih gadis, karena pola okulasinya belum teratur. Hanya saja, kalau sudah terbiasa haid kemudian haidnya tidak ada, harus bertanya pada diri sendiri. Jangan-jangan pernah minum obat tertentu.
SULIT PUNYA ANAK
Kasus yang perlu diwaspadai adalah gadis remaja yang belum juga mendapat haid. Terlebih jika usianya sudah mencapai 17 tahun. Jika ini terjadi, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan. Sebab, bisa saja ada kemungkinan selaput darahnya tertutup rapat. Normalnya, selaput darah itu mempunyai lubang-lubang. Kalau tertutup rapat, dia mungkin bisa haid, tapi haidnya tidak bisa keluar. Nah, yang ini memang betul darahnya bisa mengumpul di dalam.
Untuk yang sudah menikah, keterlambatan haid dapat disebabkan oleh kemungkinan baru selesai melahirkan atau menyusui. Ada pula kemungkinan karena terserang infeksi, termasuk penyakit infeksi akibat hubungan seks. Bagi yang berusia di atas 35 tahun, juga mesti waspada terhadap adanya tumor indung telur.
Ada juga wanita yang mengalami perdarahan di antara dua masa haid. Kalau ini terjadi pun harus segera diperiksakan. Perdarahan yang terjadi dengan siklus kurang dari 21 hari jelas tak normal, terutama bagi yang sudah tidak gadis lagi. Kalu mereka yang masih di bawah umur 20 tahun, mungkin hanya karena gangguan hormon.
Benarkah haid yang tidak teratur menyulitkan punya anak? Pandangan ini tidak selalu tepat. Sering terjadi, pasien wanita ingin punya anak tapi menstruasinya tidak teratur. Lalu dia datang ke dokter minta agar menstruasinya bisa dibuat teratur sehingga bisa punya anak. Ini tidak selalu bisa. Sulit punya anak tidak selalu berkorelasi dengan siklus haid.
Sebagian kasus menstruasi yang tidak teratur bisa diatasi dengan menjalani pola hidup yang teratur pula. Bagi yang mengalami ketidakteraturan secara mendadak, sebaiknya jangan stress, tidak merokok, apalagi minu-minuman beralkohol. Makan, bekerja, dan tidur hendaknya teratur. Seringkali orang lupa istirahat. Maunya kerja saja terus dengan mengabaikan tubuh yang sudah lelah.
Akan tetapi, ada pula yang mengalami ketidakteraturan menstruasi sejak awal. Mereka yang mengalami hal seperti inilah yang perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis. Misalnya haidnya yang datang hanya 4 bulan sekali. Saran lain adalah jangan minum obat sembarangan. Juga, biasakan secara teratur datang ke dokter kandungan
PERBANYAK MAKAN BUAH DAN SAYURAN
Selain haid tidak teratur, hal lain yang kerap mengganggu kaum wanita adalah nyeri menjelang menstruasi atau pada saat haid. Rasanya seperti mulas bercampur keram ketika darah sedang keluar. Rasa nyeri ini merupakan sesuatu yang wajar, karena dinding rahim saat itu sedang berkontraksi atau mengkerut untuk mengeluarkan gumpalan darah.
Nyeri ini lebih terasa pada wanita yang belum pernah melahirkan. Pasalnya, mulut rahim mereka masih kecil, sehingga rasanya seperti orang yang sedang melahirkan. Inipun sesuatu yang normal. Kecuali bagi wanita yang memang sangat sensitif, yang rasanya bisa sangat menyiksa. Namun, biasanya setelah menikah dan memiliki anak, ini akan hilang.
Akan tetapi, jika nyeri itu hebat dan berkepanjangan, perlu diwaspadai adanya kemungkinan ia menderita endometriosos. Dalam hal ini, sel-sel bagian dalam rahim tumbuh tidak di dalam rahim, tapi juga di luar. Misalnya, di ovarium atau saluran tuba yang sangat menyakitkan.
Jika nyeri menjelang haid begitu hebat sampai terasa melumpuhkan, sebaiknya segera periksa ke dokter. Terlebih bagi yang sudah berhubungan badan, karena mungkin merupakan suatu gejala infeksi. Nah, bila terjadi pelekatan organ genitalia internal akibat dari infeksi tersebut, dampaknya bisa menyulitkan punya anak.
Pusing yang menyertai menstruasi juga merupaka hal yang wajar. Pasalnya, wanita yang menjelang haid biasanya memang mengalami pre-menstruasi tension atau ketegangan menjelang haid. Efeknya antara lain perasaan tertekan, jerawatan, payudara nyeri, badan sakikt-sakit, perut serasa kembung, bengkak,ada rasa nyeri. Makanya, jadi lebih gampang marah atau sebaliknya dan perubahan emosi lainnya.
Semua itu, wajar-wajar saja dan tidak berbahaya. Untuk mengurangi kondisi yang tidak nyaman ini, dianjurkan mengurangi makanan yang banyak mengandung garam, bumbu penyedap, atau terlalu banyak mengandung minyak. Perbanyaklah makan buah dan sayur, dan makanan yang mengandung karbohidrat dan tinggi serat.

DAMPAK PONSEL BAGI KESEHATAN




Ponsel merupakan perlengkapan elektronik yang selalu menemani kita kemanapun kita pergi. Tahukah anda, efek samping dari sinyal ponsel anda? Berbagai macam tips sudah kita ketahui bersama seperti gunakanlah handphone pada kuping sebelah kiri ketimbang sebelah kanan dan lainnya.

Energi Radiasi dari Ponsel
Pancaran gelombang elektromagnetik dari ponsel memiliki frekuensi antara 450 – 1800 MHz, yaitu termasuk dalam daerah gelombang mikro. menurut perhitungan menunjukkan bahwa quantum energi yang ditimbulkan oleh radiasi elektromagnetik ponsel, secara kuantitas relatif masih kecil karena hanya berkisar sepersejuta elektron Volt. Namun kalau jarak sumber radiasi dengan materi, yaitu jarak antara ponsel dengan kepala (khususnya telinga) diperhitungkan, maka dampak radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel tidak boleh diabaikan begitu saja. Alasannya adalah karena intensitas radiasi elektromagnetik yang diterima oleh materi (kepala khusus bagian telinga), akan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak, artinya makin dekat dengan sumber radiasi (ponsel) akan makin besar radiasi yang diterima. Persoalan akan lebih menarik lagi, kalau waktu kontak atau waktu berbicara melalui ponsel diperhitungkan, maka akumulasi dampak radiasi akibat pemakaian ponsel perlu dicermati lebih jauh lagi.

Dampak Radiasi Ponsel pada Kesehatan
Ponsel menggunakan gelombang elektromagnetik dalam mengirim dan menerima pesan. Gelombang elektromagnetik ini dapat menyebabkan pemanasan pada jaringan tubuh. Jaringan tubuh dipanaskan oleh rotasi dari molekul polar yang disebabkan oleh medan elektromagnetik. Pada saat seseorang sedang menelepon dengan ponsel, efek pemanasan ini akan terjadi pada permukaan kepala dan mengakibatkan kenaikan suhu. Otak memiliki kemampuan untuk membuang kelebihan panas melalui sirkulasi darah. Namun, kornea mata tidak memiliki pengaturan suhu dan dari percobaan pada kelinci, ditemukan bahwa radiasi ponsel dapat menyebabkan katarak.
Sungguh tragis mendapati bahwa handphone (HP) yang setiap hari kita pakai ternyata memiliki radiasi yang cukup mematikan dalam jangka panjang kita tidak berhati-hati menggunakannya. Yang juga mengejutkan adalah radiasi HP ternyata juga bias dipakai untuk mematangkan sebutir telur seperti microwave.
Untuk membuktikannya, dibutuhkan:
·                  1 butir telur dan 2 HP. Telur diletakkan di tengah-tengah kedua HP.
·                  65 menit percakapan ke 2 HP tersebut.
·                  Buktikan!!! Telur tersebut telah matang dan siap dimakan. Otak kita jg akan menjadi matang bila terus menerus ditempelkan pada HP. Otak dan telur sama-sama mengandung jumlah air dan protein.
·                  Mulailah panggilan antara kedua HP selama kurang lebih 65 menit
·                  15 menit tidak terjadi apa-apa
·                  Setelah 25 menit telur mulai hangat, setelah 45 menit, buktikan sendiri!

Pada HP terdapat istilah transmitter yang mengubah suara menjadi gelombang sinusoidal kontinu yang kemudian dipancarkan keluar melalui antenna dan gelombang ini berfluktuasi melalui udara. Gelombang RF(radio frequency) inilah yang menimbulkan radiasi elektromagnetik.
Berikut beberapa penyakit dan kelainan yang berpotensi timbul karena radiasi HP:
1.                  Kanker
2.                  Tumor otak
3.                  Alzheimer
4.                  Parkinson
5.                  Fatigue (terlalu capai)
6.                  Sakit kepala
Penelitian yang berbeda menghasilkan hasil yang berbeda. Ada yang menyatakan radiasi HP lebih banyak menyebabkan kanker dan kelainan. Ada yang menyatakan bahwa radiasi HP tidak berhubungan dengan kanker. Terlepas dari mana yang benar atau salah tentu kita sebaiknya perlu untuk bersikap waspada dan mengantisipasi.
Beberapa pengguna ponsel telah melaporkan bahwa mereka merasakan berbagai gejala saat menggunakan atau setelah penggunaan ponsel, yaitu panas dan kesemutan pada kulit kepala, kelelahan, gangguan tidur, pusing, sakit kepala, malaise, dan takikardiak(jantung berdebar-debar). Laporan ini sedang diteliti penyebabnya, apakah benar karena radiasi ponsel atau karena stres.
Berbagai percobaan telah dilakukan oleh para ahli untuk mengatahui pengaruh radiasi ponsel bagi kesehatan. Pada penggunaan jangka pendek, radiasi ponsel memang tidak menyebabkan penyakit yang berarti. Tetapi pada penggunaan jangka panjang, radiasi ponsel dapat memicu penyakitacoustic neuroma (sejenis tumor otak). Dr. Lennart Hardell, seorang peneliti Swedia, mengemukakan bahwa penggunaan ponsel selama satu jam per hari dalam kurun waktu sepuluh tahun dapat meningkatkan resiko terkena tumor otak.

HP Lebih Merusak Pada Otak Anak-anak

Jauhkan HP dari anak-anak karena otak mereka yang masih muda sangat sensitif terhadap radiasi HP jika terkena cukup lama. Terlebih lagi bayi jauh lebih sensitif lagi bahkan beberapa tidak bisa menahannya.
                                                                                                 


Beresiko Melahirkan Anak Hiperaktif

Wanita yang menggunakan HP ketika hamil memiliki kecenderungan bakal melahirkan anak-anak dengan masalah tingkah laku, berdasarkan suatu studi terhadap lebih dari 13.000 anak-anak.
Wanita hamil yang memakai HP yang meskipun hanya 2 atau 3 kali dalam sehari, cukup untuk menimbulkan resiko bayi mereka terkena penyakit hiperaktif dan bisa mengalami kesulitan dalam pemahaman/proses belajar, emosi dan sosialisasi anak pada saat sekolah.
Hasil di atas justru lebih beresiko lagi apabila sang anak sendiri juga menggunakan HP sebelum berusia 7 tahun.

 Tips Mengurangi / Menghindari Radiasi Ponsel

Disamping itu, secara ringkas ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan untuk mengurangi atau terhindar dari bahaya radiasi elektromagnet:
·                  Jangan memakai HP ketika hamil dan jangan ijinkan anak Anda memakainya.
·                  Batasi lama penggunaan HP Anda atau penggunaan telepon tanpa kabel lainnya.
·                  Gunakan headset dengan kabel untuk mengurangi efek radiasi HP karena menjauhkan HP dari kepala Anda. Hindarilah penggunaan bluetooth.
·                  Kurangi diri Anda terkena paparan langsung dari area transmisi WiFi (Hotspot Area). Cari tahu dimana lokasi WiFi dan usahakan untuk menjauh darinya.
·                  Jika Anda memiliki telepon kabel, jangan memakai yang melebihi 900 MHz, karena telepon kabel Gigaherts akan terus menerus memancarkan gelombang radio tinggi 24/7.
·                  Gunakan speakerphone daripada langsung mendekatkan HP ke telinga Anda. Ini membantu untuk menjauhkan efek radiasi langsung antara otak dengan HP.
·                  Batasi penggunaan HP di dalam gedung karena HP akan memancarkan lebih banyak gelombang di dalam gedung dibandingkan di luar.
·                  Pakai HP pada saat bar transmisi atau penerimaan signal baik. Ketika transmisi jelek, HP Anda akan bekerja lebih keras untuk menangkap transmisi dengan jelas.
·                  Berhati-hatilah dalam meletakkan HP Anda, karena radiasi berefek didekat ia memancar.

Handphone memang merupakan salah satu alat telekomunikasi yang banyak dimiliki tidak hanya dari kalangan orang dewasa, namun juga anak – anak. Bentuk, warna, tampilan, dan aplikasi menarik didalamnya membuat siapapun berlama – lama menggunakannya. Namun, kita juga harus menghindarkan diri dari dampak buruknya bagi kesehatan. Apa salahnya mencegah penyakit sedari dini? Bagi anda yang gemar bertelvonan lama-lama, waspadai segala radiasi yang akan menyerang kesehatan anda.
^^

Kamis, 23 Mei 2013

FAKTA UNIK TENTANG PEMBALUT, PANTYLINER, dan SABUN KEWANITAAN



            Hai ! Berjumpa lagi dengan Hefi si inspiratif dunia, yang tidak pernah bosan menginformasikan hal – hal menarik untuk teman –teman semua. Well, sesuai dengan judul di atas, maka topik kita kali ini adalah tentang penggunaan pembalut saat menstruasi, pantyliner, dan sabun pembersih kewanitaan. Masih saja seputar dunia wanita, hahaha. Itu sudah pasti, karena sebagai wanita kita harus pintar merawat diri. Langsung saja yuk disimak…

Tips Memilih Pembalut Saat Menstruasi

Pada wanita dewasa, menstruasi adalah hal yang lazim terjadi setiap bulan. Saat-saat menstruasi bisa jadi enimbulkan banyak perubahan prilaku, mood dan gairah. Hal ini terbilang wajar. Satu hal yang sering luput dari perhatian wanita adalah, bagaimana tetap menjaga kebersihan organ intim saat menstruasi. Memilih pembalut saat menstruasi, akan sangat penting untuk menghindari penyakit berbahaya.
Banyaknya merek pembalut wanita, seringkali membingungkan. Pertanyaan baru yang muncul adalah, apakah semua pembalut wanita aman digunakan? Ragam berita menampilkan, penambahan bahan kimia pada pembalut wanita yang membahayakan, hal ini terntu dilematis pada wanita, mengingat pembalut adalah kebutuhan utama wanita setiap bulannya. Memilih pembalut saat menstruasi berkaitan langsung dengan menjaga kebersihan organ intim, hal ini perlu perhatian khusus oleh wanita.

Memilih Pembalut Saat Menstruasi Yang Bebas Bahan Kimia

Dioksin diduga sebagai bahan kimia yang kerap ditambahkan pada pembalut. Alih-alih menjaga kebersihan saat menstruasi, kehadiran dioksin pada pembalut justru menimbulkan kekhawatiran baru, yaitu masalah kesehatan. Memilih pembalut saat menstruasi, kadang sulit, karena produsen pembalut kerap mengemas pembalut dalam kemasan cantik dan iklan yang menarik.
Dioksin sering digunakan untuk memutihkan kertas. Sebagian produsen pembalut, menggunakan kertas daur ulang, yang kemungkinan besar tidak berwarna putih. Kegunaan dioksin adalah untuk memutihkan kertas tersebut. Walaupun ada banyak cara untuk mengetahui kehadiran dioksin, sehingga memudahkan dalam memilih pembalut saat menstruasi, namun banyak wanita tidak sempat melakukannya.
Efek dari pembalut yang mengandung dioksin pun kadang tidak langsung dirasakan. Pada beberapa wanita, yang mengalami gatal-gatal dengan pembalut tersetu, bisa jadi terkena imbas dioksin tersebut. Beberapa ahli kesehatan memaparkan, kemungkinan adanya demam ringan, akibat campuran dioksin dan bakteri yang merekat pada organ intim.
Tidak hanya dioksin, pembalut dengan bahan dasar kertas pulp atau daur ulang juga sebaiknya dihindari. Anda bisa melihatnya dengan cara merobek bagian dalam pembalut, kemudian dilarutkan pada air lalu diaduk. Pembalut dengan bahan dasar pulp akan hancur dan menyisakan warna keruh pada air. Dengan dua permasalahan ini, memilih pembalut saat menstruasi bisa jadi dikatakan hal yang butuh kejelian dan perhatian khusus.

Menjaga Kebersihan Organ Intim Selama Masa Menstruasi

Tidak hanya memilih pembalut saat menstruasi yang harus diperhatikan, wanita juga harus senantiasa menjaga kebersihan organ intimnya selama menstruasi. Bakteri sangat menyukai keadaan lembab saat menstruasi, oleh karena itu, memilih pembalut saat menstruasi tidak hanya sebatas pada pembalut bebas dioksin, tetapi juga pembalut dengan daya serap yang tinggi. Pembalut dengan daya serap tinggi, tidak akan terlalu lembab pada bagian permukaannya.
Selain berdaya serap tinggi, pembalut yang dipilih sebaiknya bebas dari bahan pewangi. Bahan pewangi termasuk ke dalam bahan kimia yang juga berbahaya jika bersentuhan langsung dengan organ intim. Di samping itu, pembalut dengan bahan yang lembut dan lentur akan baik untuk menjaga iritasi kulit.
Mengganti pembalut pun harus dilakukan sesering mungkin. Darah kotor adalah tempat kembang biak bakteri yang sangat potensial. Bakteri bisa saja masuk ke dalam organ intim, dan menyisakan penyakit infeksi di dalamnya. Sekali lagi, memilih pembalut saat mentruasi memang terlihat simple, namun butuh perhatian khusus.

Nahyoo.. ternyata repot juga ya saat menstruasi. Tapi memang betul, mengganti pembalut sesering mungkin sangat dianjurkan. Kita tidak mau kan terkena penyakit? Tapi bagaimana jadinya kalau kita terlanjur salah melilih pembalut sehingga menimbulkan iritasi? Don’t worry, Hefi punya solusinya ^^
Tips Hindari Iritasi Saat Pakai Pembalut
Pilih pembalut berkualitas
Tentunya memilih pembalut jangan hanya didasari oleh harganya yang murah atau iming-iming promosi saja. Pembalut adalah produk yang penting dan akan sangat dekat sekali dengan area kewanitaan. Sehingga, memilihnya memang tidak boleh sembarangan. Pilih pembalut dengan bahan yang berkualitas dan nyaman yang daya tampungnya besar dan tidak mudah bergeser ke kiri dan kanan.
Ganti pembalut teratur
Jangan membiasakan memakai pembalut yang sama lebih dari 4 jam. Apabila kita sedang mengalami haid yang cukup banyak, ganti pembalut setidaknya 2 jam sekali. Namun apabila jumlah yang keluar tidak terlalu banyak, setidaknya pembalut harus diganti setiap 4-5 jam.
Pilih pembalut non-perfume
Ada baiknya jika kita memilih pembalut tanpa parfum terutama bila kulit kita berjenis kulit sensitif. Kebanyakan kulit sensitif tidak tahan terhadap aroma parfum dan kulit vagina akan mudah terkena iritasi.
Basuh dengan air rebusan daun sirih
Jika sedang mengalami iritasi pada vagina, maka yang perlu dilakukan adalah merebus 3-5 lembar daun sirih. Dinginkan, kemudian setelah dingin digunakan sebagai air untuk membasuh daerah kewanitaan. Hindari penggunaan sabun atau bedak tabur karena hanya akan memperparah kondisi iritasi pada kulit. Sabun akan membuat kulit vagina terlalu kering sehingga iritasi akan semakin berlanjut, bahkan bisa infeksi. Sedangkan bedak tabur akan menjadi sarana berkembang biaknya bakteri dengan lebih cepat.

Anda suka menggunakan sabun pembersih kewanitaan? Sudah benar belum penggunaannya? Masih ragu?
Tips Pemakaian Sabun Pembersih Kewanitaan
Daerah kewanitaan (vagina) merupakan organ reproduksi wanita yang sangat rentan terhadap infeksi, sehingga penyakit seperti jamur, bakteri, parasit, maupun virus mudah masuk. Karena itu wanita harus rajin merawat kebersihan daerah tersebut. Ekosistem vagina merupakan lingkaran kehidupan yang dipengaruhi oleh 2 hal utama, yaitu: hormon estrogen dan bakteri lactobacillus (merupakan bakteri baik daerah vagina)

Estrogen berperan dalam menentukan proses simpanan energi pada sel tubuh. Sedangkan bakteri lactobacillus mempunyai sisa metabolisme yang menghasilkan asam laktat. Di mana asam laktat di dalam vagina menyebapkan pH vagina sekitar 3,8-4,2. Dengan kadar keasaman ini, lactobacillus akan tumbuh dengan subur dan bakteri jahat akan mati.


Secara normal di dalam vagina kandungan lactobacillusnya kurang lebih 95%, sedangkan yang 5% adalah bakteri jahat. Di dalam keseimbangan ini, bakteri jahat tidak mengganggu.


Kebaikan yang diperoleh dari pembersih kewanitaan tersebut adalah:

   a. Memberikan aroma yang harum.
   b. Menjaga keseimbangan bakteri baik dan bakteri jahat.

Sabun pembersih kewanitaan harus dilihat apakah terlalu basa, sehingga dapat mengganggu tingkat keasaman vagina. Dan sabun pembersih kewanitaan juga bisa menimbulkan efek samping antara lain sebagai berikut:

1. Keputihan dapat merupakan efek samping dari pembersih kewanitaan bila kadarnya terlalau basa dan digunakan terlalu sering (mengingat pembersih kewanitaan ada yang bersifat basa).


2. Sebaiknya tidak menggunakan pembersih kewanitaan tiap hari, karena terlalu seringnya penggunaan dapat merusak pH vagina. Penggunaan pembersih kewanitaan seharusnya dilakukan setelah menstruasi dan dilakukan selama kurang lebih 4 hari atau pada waktu dirasakan perlu (keputihan). Perawatan ini penting karena selain membuat aroma harum juga memberikan keseimbangan pH yang lebih baik karena menekan bakteri jahat.


3. Penggunaan pembersih kewanitaan yang dipakai seperlunya saya rasa tidak mempengaruhi kesuburan.


4. Sementara keburukan dari pembersih kewanitaan yaitu bila digunakan terlalu sering justru mengganggu keseimbangan asam-basa dalam vagina, sehingga memudahkan tumbuhnya bakteri jahat.


5. Sabun pembersih kewanitaan yang aman digunakan yaitu yang mempunyai pH yang telah ditentukan derajat keasamannya. Namun demikian, tidak perlu digunakan tiap hari dan kebersihan daerah kewanitaan bagian luar harus tetap dijaga.

Pantiliner
Pantiliner merupakan versi tipisnya pembalut wanita. 
Fungsi utamanya adalah menyerap cairan vagina yang keluar diluar hari-hari deras menstruasi. Sama seperti 
pembalut wanita, pantyliner terbuat dari kapas juga dan dipakai seperti pembalut.  

Dampak positif : Sangat berguna untuk dipakai sehari-hari untuk melindungi daerah vagina agar tetap kering dan bersih. (bila mengunakan pantilinernya yang tepat dan sekarang sudah banyak pantiliner yang herbal yang dapat anda gunakan  )

Dampak negatif : pengunaan pantyliner setiap hari ternyata berbahaya?

Penggunaan pantyliner setiap hari ternyata justru dapat mengakibatkan infeksi bakteri, jamur, serta jerawat atau bisul pada daerah kewanitaan .  Ini terjadi karena pantyliner membuat daerah kewanitaan makin lembab. Meskipun lapisan atas pantyliner memiliki daya serap untuk menjaga higienitas daerah kewanitaan, akan tetapi bagian dasar dari pantyliner ini terbuat dari plastik, sehingga kulit Anda tidak dapat bernafas lega karena kurangnya sirkulasi udara. Jadi sebaiknya, jangan gunakan pantyliner terlalu sering. Seperti Anda ketahui, bakteri tumbuh lebih cepat pada area lembab dan bertemperatur tinggi. Ini berarti daerah kewanitaan Anda, tepatnya labia majora dan klitoris, menjadi area yang tepat bagi tumbuh kembang bakteri. Jika sudah demikian maka risiko jerawat dan iritasi pada daerah genital pun mengancam.

memang benar pengunaan pantyliner dalam setiap aktivitas kita sehari-hari membatu kita dalam berbagai hal misal saja dalam perjalan jauh yang tidak memungkinkan kita untuk menganti jelana dalam yang baru . naa di sini kegunaan nya kita tinggal mengati pantyliner nya yang baru . sangat praktis namun harus kita pertimbangkan lagi dampak negatif dari pengunaannya. cari lah sesuatu yang berfungsi untuk mengobati bukan untuk mengatasi untuk sesaat

ada beberapa tips untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim Anda:
·                     Gunakan celana dalam berbahan katun 

Celana dalam berbahan katun menyerap keringat dengan lebih baik. Selain itu, bahan katun juga lebih nyaman karena lebih sedikit menimbulkan gesekan pada kulit sehingga bisa meminimalkan risiko iritasi.
·                     Ganti celana dalam beberapa kali sehari
Yang satu ini mungkin terdengar ribet. Namun tak ada salahnya bukan bersusah-susah sedikit demi menjaga kesehatan mahkota kita?
·                     Jangan gunakan celana terlalu ketat
Gunakanlah celana yang longgar. Celana yang terlalu ketat akan menyebabkan kulit sulit bernafas dan iritasi. Sekali-sekali cobalah juga untuk menggunakan rok saat Anda beraktivitas.
·                     Pantyliner pada saat tertentu
Meskipun tidak dianjurkan, pantyliner boleh Anda gunakan pada saat-saat tertentu. Misalnya ketika keputihan sedang banyak-banyaknya, menjelang atau sesudah masa menstruasi. Pilihlah pantyliner tanpa parfum (nonperfumed) untuk menghindari iritasi kulit.

Bahan Pembuatan Pantiliner
Wanita yang sehat perlu senantiasa waspada untuk menjaga kesehatan alat reproduksinya sehingga dianjurkan untuk berhati-hati memilih penggunaan pembalut/pantiliner sehat yang berkualitas serta bebas zat dioxin.

Tahukah Anda apakah itu Zat Dioxin ! ! !
Zat Dioxin = zat berbahaya yang efektivitasnya 2000x dari racun tikus, timbul akibat proses produksi karena penggunaan bahan kimia & pemutih/bleaching pembalut & pantiliner yang bahan dasarnya tidak berkualitas = kertas bekas, kardus bekas dan PULP (serbuk kayu).

Zat dioxin sangat berbahaya karena bila pembalut terkena darah haid maka zat dioxin menguap ke dalam rahim & dalam jangka panjang mempengaruhi metabolisme tubuh wanita serta memicu timbulnya myom, kista, kanker serviks, dll..

**** Seorang wanita, beresiko terkena bahaya Dioxin sejak pertama kali menstruasi s/d menopouse, karena penggunaan pembalut & pantiliner yang tidak berkualitas, yang setiap bulan digunakan !



FAKTA MENARIK TENTANG MENSTRUASI



Menstruasi adalah hal umum yang dialami setiap wanita. Menstruasi merupakan perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala. Menstruasi dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Adakalanya keluar cukup banyak atau sedikit. Ada yang keluar selama 7 hari, 8 hari hingga 12 hari. Adakalanya keluar cuma 2 hari kemudian berhenti Sebenarnya apa  sih penyebabnnya? 
Pada kesempatan kali ini, Hefi akan sharing sedikit mengenai fakta menarik tentang menstruasi. Mulai dari penyebab nyeri saat mens, tips meredakan nyeri, makanan yang wajib dikonsumsi dan dihindari, pengetahuan tentang jumlah darah yang biasa keluar saat mens, dan masih banyak lagi informasi lainnya. Penasaran? Let’s start it guys !

Penyebab Darah Menstruasi Keluar Banyak

Secara normal wanita akan mengalami haids atau menstruasi sekitar 21-35 hari selama 2-8 hari dan mengeluarkan gumpalan darah yang keluar pada saat menstruasi  25-80 ml/perhari.
Ada dua sebutan untuk darah haid atau menstruasi yang keluar 80ml/perhari yakni  menorgia. Sedangkan menstruasi yang berlangsung lebih dari 7 hari disebut hipermenorea.
Nah, apabila darah yang keluar banyak sekali dan terjadi dalam beberapa hari kadangkala hal ini memicu timbulnya anemia yang ditandai dengan badan yang mudah lelah, wajah menjadi pucat, nafas menjadi lebih pendek, sakit kepala, depresi, bahkan kosentrasi menurun.
Berikut ini gejala yang sering dialami menorogi.

·                         Penderita sering mengganti pembalut hampir 1jam sekali
·                         Darah yang keluar dapat berupa  gumpalan
·                         Memakai pembalut ganda pada saat tidur
·                         Haid terjadi lebih dari 1 minggu
·                         Terdapat tanda-tanda anemia
       
Beberapa Penyebab terjadinya Menorragia

·                     Adanya kelainan organik. Seperti Adanya infeksi saluran reproduksi, kelainan koagulasi, sepertikekurangan protrombin, idiopatik trombositopenia purpura (ITP) dan karena akibat von willebrand disease.
·                     Disfungsi organ yang menyebabkan terjadinya menoragia seperti gagal hepar atau gagal ginjal. Penyakit hati kronik dapat menyebabkan gangguan dalam menghasilkan faktor pembekuan darah dan menurunkan hormon estrogen.
·                     Kelainan hormon endokrin misal akibat kelainan kelenjar tiroid dan kelenjar adrenal, tumor pituitari, siklus anovulasi, Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS), kegemukan, dllc. Kelainan anatomi rahim seperti  adanya mioma uteri, polip endometrium, hiperplasia endometrium, kanker dinding rahim dan lain sebagainya.Iatrogenik : misal akibat pemakaian IUD, hormon steroid, obat-obatan kemoterapi, obat-obatan anti-inflamasidan obat-obatan antikoagulan.
Pengobatan Bagi Penderita Menorrhagia
Bagi Penderita menorrhagia sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter Anda agar segra dilakukan beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan darah, tes pap smear, biopsi dinding rahim, pemeriksaan USG, dan lain sebagainya. Bila ditemukan Anemi, maka dokter biasanya memberikan zat besi untuk menormalkan jumlah hemoglobin darah. 
Menorrhagia dapat diterapi dengan pemberian hormon dari luar, terutama untuk menorrhagia yang disebabkan oleh gangguan keseimbangan hormonal. Terapi hormonal yang diberikan iasanya berupa obat kontrasepsi kombinasi atau pill kontrasepsi yang hanya mengandung progesteron.
Menorrhagia yang terjadi akibat adanya mioma dapat diterapi dengan melakukan terapi hormonal atau dengan operasi pengangkatan mioma dalam rahim baik dengan kuret ataupun dengan tindakan operasi.

Sakit Perut Melilit Saat Menstruasi
SAKIT perut saat menstruasi adalah hal biasa. Tapi, bagaimana kalau sakitnya tak tertahankan hingga tubuh panas dingin, bahkan tak mampu melakukan aktivitas apapun? Nah, ini yang harus diwaspadai. Siapa tahu ada sesuatu dengan tubuh Anda!
Sebenarnya setiap menstruasi menyebabkan rasa nyeri, terutama pada awal mens. Akan tetapi tidak semua perempuan mengalami kadar nyeri yang sama. Ada perempuan yang merasakan sangat sakit sampai mau pingsan dan tidak bisa masuk sekolah atau kerja, tapi ada yang dengan tidur saja sudah sembuh, malah ada yang tidak terasa sama sekali.
Rasa nyeri haid yang berat disebut dismenorhae. Nyeri haid dibagi dua jenis, yaitu nyeri haid primer, timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu, dengan lebih stabilnya hormon tubuh atau perubahan posisi rahim setelah menikah atau melahirkan.
Nyeri haid ini adalah normal, namun dapat berlebihan apabila dipengaruhi oleh faktor fisik dan psikis seperti stress, shock, penyempitan pembuluh darah, penyakit yang menahun, kurang darah, kondisi tubuh yang menurun, atau pengaruh hormon prostaglandine. Gejala ini tidak membahayakan kesehatan.
Nyeri haid sekunder biasanya baru muncul kemudian, yaitu jika ada penyakit yang datang kemudian. Penyebabnya adalah kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista atau polip, tumor sekitar kandungan, atau bisa karena kelainan kedudukan rahim yang menetap.

 Untuk mengetahui masalah menstruasi yang kita alami, sebaiknya konsultasi ke dokter. Tapi sebelumnya perhatikan dulu tanda tanda berikut ini seperti timbul nyeri hebat, terutama jika baru muncul di kemudian hari yang diperkirakan ada yang kurang beres dalam organ reproduksi, terutama apabila rasa nyeri itu semakin lama semakin hebat.
Jika darah mens yang keluar sangat berlebihan, sehingga membutuhkan pembalut lebih dari selusin tiap hari, jika masa haid lebih dari sembilan hari, apabila mens tidak pernah teratur sejak semula. Muncul noktah darah (spotting) antara dua daur menstruasi atau warna darah tidak seperti biasanya, misalnya lebih kecoklatan atau malah merah segar.
Jika muncul salah satu atau lebih dari tanda-tanda diatas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.
Ada banyak hal yang dapat dilakukan mulai dari hal yang sederhana, pemakaian obat-obatan, hingga terapi hormonal.
Berikut ini beberapa tips untuk mencegah nyeri saat menstruasi :
1.      Hindari olahraga berat selama menstruasi.
2.      Hindari konsumsi alkohol, kopi, dan juga coklat karena dapat meningkatkan kadar estrogen yang nantinya dapat memicu lepasnya prostaglandin. Hindari juga makanan bersuhu dingin misalnya es krim.
3.      Konsumsi vitamin E, vitamin B6, atau minyak ikan.
4.      Konsumsi sayuran dan buah-buahan serta makanan rendah lemak.
5.      Kompres dengan botol panas (hangat) tepat pada bagian yang terasa kram (bisa di perut atau pinggang bagian belakang)
6.      Mandi air hangat, boleh juga menggunakan aroma terapi untuk menenangkan diri
7.      Minum minuman hangat
8.      Mengosok-gosok perut/pinggang yang sakit
9.      Ambil posisi menungging sehingga rahim tergantung ke bawah. Ini bisa membantu relaksasi
10.  Tarik napas dalam-dalam secara perlahan untuk relaksasi.
Obat-obatan yang digunakan harus atas pengawasan dokter. Boleh minum analgetik (penghilang rasa sakit) yang banyak dijual di toko obat terutama yang mengandung antara lain asam mefenamat, ibuprofen, diclofenac sodium atau naproxenen dalam komposisi obat, asal dosisnya tidak lebih dari 3 kali sehari.
Apabila penggunaan obat-obatan analgesik tidak berhasil maka dapat dilakukan terapi hormonal sesuai ajuran dokter.Bila keluhan nyeri dapat dihilangkan dengan cara sederhana maka hal itu jauh lebih baik daripada penggunaan obat-obatan karena obat-obatan akan menimbulkan ketergantungan terhadap efek penghilang nyeri dan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.
Nah, sekian informasi dari Hefi. Nantikan kembali informasi menarik lainnya. Semoga bermanfaat !