HAMSTER WORLD

Kamis, 02 Mei 2013

Holla...!! Kali ini saya akan memberikan beberapa tips bagaimana cara merawat hamster. Bagi pemula, tips kali ini kudu diperhatiin. Hamster memang unyu – unyu. Apalagi kalau sedang membersihkan badannya sendiri. Bedanya dengan tikus adalah bentuknya yang berbentuk bulat seperti bola dan ekornya yang pendek. Tapi jangan salah. Ada juga lho hamster yang memiliki warna menyerupai tikus. Berikut ini adalah beberapa tipe hamster yang umumnya banyak dijual di daerah Asia.

 - Winter white
















Hamster Winter White ini, berasal dari padang rumput yang bersalju yang di wilayah utara Kazakhstan dan Siberia. Bulu Hamster Winter White dapat berubah menjadi putih bila berada di udara yang dingin. Ciri fisik hamster ini adalah moncong hidung agak panjang dari hamster Campbel, dengan telinga agak kebelakang atau tidak tegak. Hamster Winter White dapat hidup berkelompok dengan satu jenis kelamin yang sama.

- Campbell




- Syrian


















Hamster Sirian, seperti namanya berasal dari Aleppo wilayah Siria. Hamster Sirian merupakan hamster yang paling dikenal dan banyak terdapat di petshop-petshop. Ukuran hamster jenis ini adalah yang paling besar di antara hamster-hamster lain. Hamster jenis ini sifatnya jinak, jarang lari-larian, dan cocok untuk dipelihara oleh anak-anak.

- Roborovski
















Hamster Roborovski berasal dari Mongolia Timur wilayah utara daratan Cina dan hamster ini adalah hamster yang berukuran paling kecil diantara jenis hamster yang lainnya. Hamster Roborovski sangat lincah dan sangat sulit untuk dijinakan walau banyak juga yang melaporkan bahwa Hamster Roborovski dapat dijinakkan sehingga dapat dipegang. Hamster ini hidup berkelompok walau banyak terjadi perkelahian dalam kelompoknya.



Bagi pemula yang ingin memelihara hamster, Hefi akan  memberikan beberapa daftar harga yang beredar di Indonesia. Semua harga ini berdasarkan jenis jenis yang ada. Jadi bisa mengurangi tipu-menipu saat anda melakukan dengan penjual. Kan nggak lucu mau melihara binatang manis and imut malah kena tipu.

-  Hamster campbell menurutku hamster yang murah, karena harga hamster campbell cuma 20 ribu. jenis hamster campbell merupakan yang saya pelihara dulu, menurutku sangat enak dan cocok untuk di kembangbiakkan karena sangat mudah beranak dan sekali beranak maka akan menghasilkan 2-10 bahkan lebih bayi hamster.
 Spesifikasi hamster campbell :
 -> umur normal 1-2 tahun
 -> panjang kira-kira 10-15 cm umur dewasa
 -> lama kehamilan kurang lebih 20 hari
 -> lincah karena ukurannya kecil
 -> masa sapih (pemisahan anak dari induknya) 3-4 minggu
 -> macam campbell (albino,panda,black bear,argente,opal,blue)

-  Hamster roborovski merupakan jenis hamster pelari dan sangat lincah, karena bentuknya yang lebih kecil dari pada capbell sehingga kerjaanya ya lari - lari saja. harga hamster roborovski sekitar 45-75 ribu, tergantung dimana posisinya. hehehe. hamster ini sangat cocok jika mau di buat bisnis, karena harga mahal dan bentuk hamster yang banyak dicari orang, lucu banget sampai - sampai aku saja pengen pelihara ini hamster.
Spesifikasi hamster roborovski :
 -> umur normal 3-4 tahun
 -> panjang hamster 4-5 cm
 -> lama kehamilan 23-30 hari
 -> jumlah anak rata - rata 6 ekor
 -> masa sapih 30 hari
 -> macam roborovski (normal,white face)


- Winter White. Hamster ini mudah untuk dijinakkan karena sifatnya yang tak suka menggigit dan tidak agresif seperti campbell. Fisiknya hampir sama dengan campbell. Hamster ini cocok untuk pemula. harga hamster winter white berfariasi dari 15 - 75 ribu tergantung jenisnya.
Spesifikasi hamster winter white :
 -> umur 1-2 tahun
 -> panjang 7-9 cm
 -> lama kehamilan 15-20 hari
 -> macam winter (normal,safir,pearl,golden)


Hamster termasuk dalam kelompok binatang pengerat, memiliki bentuk tubuh yang lebih bulat, aneka warna bulu, ekor yang pendek dan ukuran tubuh yg kecil & bulat. Hamster adalah hewan nocturnal (yang aktif disaat sore & malam hari). Jenis-jenis hamster yang umum dipelihara di Indonesia, yakni Hamster Sirian, Hamster dwarf (mini) berjenis Campbell, Hybrid, Winter White, dan Roborovskii.
 Makanan utama hamster adalah biji-bijian kering yang segar. Hewan lincah ini sangat rentan terkena diare saat kita memberi makanan yang tidak semestinya (misalnya makanan instan manusia, ataupun sayur-sayuran). Sedangkan buah yang aman dikonsumsi hamster berbagai usia adalah bengkoang segar. Minimalkan pemberian makanan buatan pabrik yang mengandung banyak bahan pengawet yang bisa menyebabkan kanker. Makanan yang mengandung banyak garam dapat menyebabkan kerontokan bulu. 


Mengapa Harus Hamster? 

 Pemeliharaannya yang tidak membutuhkan banyak space. Bau & bunyi yang minimal, serta wajah imut dengan tingkah yang lincah membuat banyak orang terhibur. Kamu bahkan bisa meletakkan kandangnya di meja belajar ataupun meja kerja kamu.

 Setelah Hamster Ada Dirumah
 • Biarkan dia beradaptasi dengan rumah barunya selama 1 hari.
• Esoknya, beri dia snack dari luar kandangnya. biarkan dia tau bahwa "orang asing" yang telah membawanya pulang, bukanlah sesuatu yang perlu. ditakuti
 • Beberapa hari sesudahnya, kita coba memasukkan tangan ke dalam kandangnya, remaslah serbuk kayu sebelum memasukkan tangan ke dalam kandang.
 • Masukkan tangan perlahan kedalam kandang hamster. Ada beberapa kemungkinan yang terjadi : menggigit kecil (tanda mengidentifikasi benda2 asing yang masuk ke dalam wilayahnya), menggigit kencang (tanda menyerang untuk melindungi diri), menjerit (tanda dia ketakutan) atau dia mengendus tangan kamu.
• Cara memegang hamster yang benar adalah dengan gerakan yang pelan (tidak tiba-tiba) mendekatkan tangan dengan posisi menyendok di depan arah mukanya. Jika kamu sudah mendapatkan hatinya, dia akan menghampiri & naik ke telapak tanganmu.
 • Hamster tidak suka terlalu lama dibelai. cukup 15 menit saja. namun sering. Dia lebih suka berlarian bebas disekitarmu (kamu bisa memakai Play Ball agar hamster kamu tidak hilang).
 • Hamster merasa tidak nyaman saat bermain denganmu jika dia : pipis & poop ditanganmu atau mengeluarkan makanan dari pipi mereka. Tandanya mereka ingin kembali ke kandang.

 Cara Merawat Hamster yang Benar 

 Hal paling mendasar saat memulai memelihara hewan adalah atas dasar ♥kasih sayang♥, selanjutnya kamu cukup menyediakan peralatan memeliharanya. Yang tidak kalah penting adalah memperhatikan hal hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada hamster kamu.
 Peralatan utama memelihara hamster
 • Kandang untuk hewan kecil / akuarium (makin luas makin nyaman).
 • Botol minum khusus hamster.
 • Tempat pasir mand
i. • Tempat makan.
• Kincir (mainan pokok dan harus ada).

 Kegiatan rutin saat memelihara hamster
 • Memberi snack saat sore atau malam sambil bermain dengannya.
 • Mengecek botol minum, apakah macet/ bocor
. • Ganti serbuk kayu 1 mgg sekali (atau sudah berbau, tergantung brp populasi dalam 1 kandang)
• Cuci peralatan hamster dan keringkan, cukup 1 bulan sekali. Hal yang perlu & boleh dilakukan
 • Cucilah tangan sampai bersih sebelum dan sesudah memegang hamster. Jika tangan anda berbau "lain" (tidak bersih), hamster akan "mencoba" tangan anda dengan menggigit.
• Ajaklah Hamster berinteraksi langsung sesering mungkin, misal menggendong ditelapak tangan,mengelus, memberi makan dengan tangan, membiarkan dia berlarian disekitar kamu. Jadikan dia sahabat ^^
 • Memberi snack secukupnya, berupa kecambah segar atau snack khusus hamster 1-2x seminggu.
 • Mengganti posisi mainan agar dia tidak bosan.


Hal yang JANGAN dilakukan
 • Hindarkan hamster dari terik matahari langsung, bisa menyebabkan Heat Stroke. Lumpuh total yang disertai kematian.
 • Hindarkan dari angin kencang dan air.
 • Minimalkan jatuhnya hamster darimanapun asal jatuhnya.
• Jangan memberi sayuran & buah segar sembarangan dan berlebihan, karena pencernaan hamster didesain hanya untuk biji-bijian kering saja. Berikan HANYA kecambah, bengkoang yang masih segar 1-2x seminggu, untuk menghindari hal-hal mengerikan seperti diare akut, bahkan kematian.
• Jangan memberi terlalu banyak kuaci (Biji bunga matahari), menyebabkan hamster obesitas dan penyakit lainnya, sperti jantung dan kemandulan. Meskipun makanan ini paling disukai si hamster, namun memberikan pengaruh buruk.
 • Jangan membiarkan ada makanan membusuk di dalam kandang.
 • Jangan biarkan serbuk kayu basah / banjir, segera ganti sebuk kayu. Vitamin & Suplemen
 • Ada kalanya hamster terlihat loyo atau kurang nafsu makan, tindakan prefentif pertama adalah dengan mencampur kan madu murni ke dalam botol minum secukupnya
. • Beri vitamin berupa gel yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta nafsu makan. Juga membantu pemulihan bagi hamster yang sedang sakit.

 Bedding ( alas hamster ) 

Serutan kayu kayanya ini yang jadi paling popular untuk jadi alas si hamster..harga nya terbilang murah (sekitar 3rb-5rb/kantong) tapi untuk yang import itu harga nya jauh dari yang local..,dan bagus buat nyerap air kencing hamster,biar gk bau... bukan itu aja guys,,ternyata manfaatnya juga jempol,karena serutan kayu mempunyai kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri,dan dapat membunuh atau memperlambat penyebaran kutu. tapi hati-hati juga nh dengan bahan serutan kayu,karena kayu yang di gunakan untuk membuat serutan kayu ini justru banyak merugikan bagi hamster dan kebanyakan hamster alergi.seperti kayu cedar dan pinus.

 Pasir Zeolit 
Bedding yang satu ini juga gk kalah popular kok,karena dapat menghaluskan bulu si hamster jadi tambah cakep dan meyerap air kencing hamster.kalo di bilang hemat kayanya ini yang paling hemat,soalnya bisa di cuci berkali-kali (hemat bebz)cara cuci nya dengan merendam pasir zeolit sampai kotoran nya mengambang dan buang air sampai bersih terus di ulang sampai bersih,kemudian di jemur sampai kering. Sebenarnya pasir zeolit kurang tepat untuk di jadikan alas penuh,karena kurang bisa menjadi sarang untuk hamster,kurang baik dalam menyerap air dan tempat hiding (persembunyian),dan juga pasir zeolit dapat menyimpan panas. hamster memliki insting untuk membuang kotoran dan kencing nya di pasir zeolit. Jangan kaget dan heran kenapa hamster memakan atau mencicipi pasir zeolit. Karena di dunia peternakan di gunakan sebagai imbuh untuk pakan ternak (meskipun masih di pelajari sampai sekarang).ini juga gpp kalo di makan karena saluran pencernaanya beda.. Yang bahaya justru kalo debu-debu halus nya masuk ke hidung si hamster.. banyak ukuran dari pasir zeolit,mulai dari zeolit No.0 – No.5.yang biasa di gunaka untuk hamster adalah zeolit No.2 dan No.3



Tissue
Pasti jarang yang gunain yang 1 ini untuk bedding,gak umum juga sih,hehe.tapi kalo buat sehari-hari ini bisa kok. Ini juga bisa pas di gunakan lahiran tapi kalo keadaan darurat yang hanya ada pasir zeolit di dalem kandang..Tapi menurut saya ini perpaduan yang gak bagus untuk hamster yang mengandung-melahirkan-sapih,karena kemungkinan anaknya hidup terbilang minim. Caranya beberapa lembar tissue di sobek-sobek menjadi beberapa bagian..tissue yang agak kasar lebih bagus..
 Namun bedding ini kurang bagus karena daya serap air nya yang gk bagus seprti serutan kayu. kalo tissue udah nyerap air bentuk nya berubah jadi mengkerut,jadi sedikit banget. Terus zeolit yang menyerap air kencing induk yang hamil-melahirkan-sapih itu gk intensif seperti serutan kayu..jadi dalam posisi basah terus tuh zeolit.. Kertas Ini penggunaanya sama kaya tissue pas keadaan darurat aja.banyak kok say liat temen-temen lewat foto yang lagi menyusui menggunakan kertas.. Tapi sebaiknya pake kertas yang gk ada tinta nya..beda dengan tissue kalo kertas pas nyerap air gk akan mengkerut.. cara pakainya sama kaya tissue.


Nah, sekian informasi dari Hefi. Semoga bermanfaat..!

^^

0 komentar:

Posting Komentar